Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja

Kemarin malam saya mendapatkan kesempatan untuk pulang dengan ojek online. Dalam perjalanan yang sungguh tidak lancar alias macet, akhirnya saya tahu bahwa anak pertama driver tersebut diterima di universitas negeri di Jakarta jurusan bahasa Arab dengan beasiswa penuh. Anak keduanya masuk pesantren juga dengan beasiswa.

Driver tersebut bercerita tentang bagaimana bekerja halal, cara mendidik anak untuk ibadah dan sampai akhirnya driver tersebut menceritakan kisah Uwais bin ‘Amir Al Qarni. Uwais adalah seorang pemuda dari Yaman yang sangat berbakti pada ibunya sehingga dimuliakan Allah SWT. Rasulullah pun menganggap Uwais sebagai salah satu ‘penghuni langit’ dengan kemuliaannya itu.

Di situ hati saya merasa tersentuh. Sebelum bertemu dengan driver ini, saya tidak pernah mendengar tentang Uwais bin ‘Amir Al Qarni. Alhamdulillah ternyata perjalanan macet ada hikmahnya. Tidak perlu berkeluh kesah dan tidak sabar.

Saya dapat menambah pengetahuan tentang agama melalui seorang driver ojek online. Ilmu memang selalu tersedia di sekitar kita asal kita mau belajar. Semua orang dapat menjadi ‘guru’ kita.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS Al Mujadalah : 11)

Aamiin ya rabbal ‘aalamin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s